Wednesday, May 16, 2012

Tips Aman Berbelanja Online

Dunia online nampaknya semakin menjadi-jadi saja, semenjak munculnya situs jejaring sosial facebook, twitter, dll. semuanya hampir bisa dilakukan dengan cara online. begitu pula dengan jualan, seringkali orang awam menganggap jualan hanya bisa dilakukan di dunia offline karena memang hasilnya nyata dan real. akan tetapi anggapan seperti itu ditepis oleh kalangan pebisnis online yang telah meraih keuntungan berlipat-lipat dari jualan onlinenya.

berbicara mengenai bisnis online tentunya tidak terlepas dari security atau keamanan, keamanan merupakan salah satu faktor penunjang sukses atau tidaknya bisnis yang dijalankan.

tidak sedikit kita mendengar orang yang kena tipu dalam membeli suatu barang di internet, karena mungkin si pembeli ini sangat gegabah, tidak teliti, bahkan tergiur dengan harga yang ditawarkan. padahal kalau kita cermati dan mau teliti maka kita akan sedikit mendapatkan kemanan.

Saya sendiri hampir terkena tipuan oleh salah satu penjual online (seller) di internet, dimana seller ini menjual semua barang-barangnya dengan harga yang sangat murah, hal ini tentunya mengundang rasa penasaran saya untuk menindak lanjuti lebih lanjut mengenai toko online ini.

baiklah tidak usah berpanjang lebar, langsung saja bagi anda yang ingin berbelanja online aman lewat internet, pastikan anda membaca tips-tips aman berbelanja online yang akan saya berikan dan ini berdasarkan self experience (pengalaman pribadi ^_^)

1. pastikan anda memilih toko online yang benar-benar terpercaya dan bisa dipertanggung jawabkan

2. Lihat semua produknya, apabila harga-harganya murah anda perlu mewaspadai

3. ajaklah si seller ngobrol, bisa via SMS atau telfon. kalo ditelfon ga diangkat2 maka sudah alamat perlu waspada

4. kalo ternyata si  seller masih dalam satu wilayah dengan anda maka ajaklah ketemuan face to face atau istilah lainnya COD an (Cash On Dellivery) kalau tidak mau diajak COD an sudah barang pasti dia takut, dan kalo takut maka indikasinya si seller tersebut adalah penipu

5. sebelum membeli barang, maka lihatlah review dari user atau pembeli lain, bacalah semua komentar atau review dari semua pembeli atau calon pembeli, jika banyak komentar atau review yang rasanya kurang enak atau menjatuhkan si seller lantaran ketidak jujuran penjual maka janganlah sekali-kali anda melakukan transaksi dengan penjual tersebut. karena ada indikasinya barang yang dijual adalah NIHIL alias tidak ada.
nah lho jika sudah kaya gitu maka siapa yang repot dan rugi ?? pasti kita sendiri kan ??

Mungkin itu beberapa tips aman berbelanja online VERSI saya, kalau anda masih memiliki tips yang lain bisa dishare di kotak komentar yah ^_^

selamat mencoba tips belanja online dari saya . . .


Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment